Implikasi
Teknologi Komunikasi dalam Bidang Periklanan
Perkembangan teknologi
komunikasi mempunyai dampak besar terhadap aspek-aspek kehidupan kita
sehari-hari, perkembangan teknologi komunikasi mempunyai dampak yang sangat
besar terhadap dunia advertising/periklanan baik secara global di dunia maupun
di negara Indonesia kita sendiri.
Sering kali melihat
bagaimana iklan-iklan di dalam media televisi,internet, ataupun media cetak
sudah banyak mendapat perubahan yang sangat besar terjadi di dalamnya. Sarana
periklanan pada zaman dahulu sangatlah berbanding terbalik dengan apa yang
di tawarkan dalam iklan pada zaman sekarang.
Periklanan (Advertising)
merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat,
membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya
mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut
dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli
yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.
Kegiatan promosi atau
yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk
membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna
(pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.
Meski iklan digunakan
untuk memperkenalkan suatu produk, namun tidak sedikit pembuat iklan yang ingin
tayangan iklannya selalu diingat oleh penonton, sehingga mereka membuat iklan
dengan cerita-cerita unik dari lucu hingga romantis. Tak lupa mereka
menyertakan kalimat-kalimat yang menjadi trade mark bagi produk tersebut,
sehingga sekalipun iklan tersebut sudah tidak ada lagi, masih banyak orang yang
ingat dengan kalimat tersebut.
Perbandingan Iklan zaman dahulu dan zaman sekarang :
Kita ambil contoh iklan shampoo Sunslik yang berkembang cara
mengiklankannya dari zaman dahulu sampai zaman sekarang
Iklan Shampo Sunsilk Zaman Dahulu
Iklan Shampo Sunsilk Zaman Sekarang
Dari gambar ini bisa kita lihat perbandinganiklan zaman dahulu
dan zaman sekarang yaitu : banyaknya efek –efek fisualisasi yang dikembangkan
oleh berkembangnya teknologi terlihat dari warna yang timbul, efek dan jenis
tulisan yang akan menarik perhatian konsumen.
selain itu juga iklan zaman sekarang memperhatikan unsur - unsur
lainnya seperti bahasa dalam iklan dituntut
mampu menggugah, menarik, mengidentifikasi, menggalang kebersamaan, dan
mengkombinasikan pesan dengan komparatif kepada khalayak dengan demikian
struktur kata dalam iklan sebagai berikut :
1. Menggugah: mencermati
kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
2. Informatif:
kata-katanya harus jelas, bersahabat, komunikatif. Tidak bertele-tele apalagi
sampai mengabaikan durasi penayangan.
3. Persuasif: rangkaian
kalimatnya membuat konsumen nyaman, senang, tentram, menghibur.
4. Bertenaga gerak:
komposisi kata-katanya menghargai waktu selama masa penawaran/masa promosi
berlangsung.
Dalam perkembangan teknologi ini banyak pengaruh positif terhadap periklanan. Dengan adanya televisi yang menayangkan iklan disertai audio dan visual juga video yang membuat iklan tersebut lebih detail dalam penyampain informasi yang lebih jelas.
selain televisi ada juga internet yang lebih bisa mengakses video iklan yang lebih detail lagi baik itu cara penggunaan dari iklan itu seperti apa maupun informasi tentang iklan itu untuk lebih jelas lagi bisa kita lihat di internet.
Referensi :
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar