Kamis, 16 Oktober 2014

Implikasi Teknologi Komunikasi

Implikasi Teknologi Komunikasi dalam Bidang Periklanan

Perkembangan teknologi komunikasi mempunyai dampak besar terhadap aspek-aspek kehidupan kita sehari-hari, perkembangan teknologi komunikasi mempunyai dampak yang sangat besar terhadap dunia advertising/periklanan baik secara global di dunia maupun di negara Indonesia kita sendiri.
Sering kali melihat bagaimana iklan-iklan di dalam media televisi,internet, ataupun media cetak sudah banyak mendapat perubahan yang sangat besar terjadi di dalamnya. Sarana periklanan pada zaman dahulu sangatlah berbanding terbalik dengan apa  yang di tawarkan dalam iklan pada zaman sekarang.

Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.

Kegiatan promosi atau yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.

Meski iklan digunakan untuk memperkenalkan suatu produk, namun tidak sedikit pembuat iklan yang ingin tayangan iklannya selalu diingat oleh penonton, sehingga mereka membuat iklan dengan cerita-cerita unik dari lucu hingga romantis. Tak lupa mereka menyertakan kalimat-kalimat yang menjadi trade mark bagi produk tersebut, sehingga sekalipun iklan tersebut sudah tidak ada lagi, masih banyak orang yang ingat dengan kalimat tersebut.

Perbandingan Iklan zaman dahulu dan zaman sekarang :
Kita ambil contoh iklan shampoo Sunslik yang berkembang cara mengiklankannya dari zaman dahulu sampai zaman sekarang

                   Iklan Shampo Sunsilk Zaman Dahulu




Iklan Shampo Sunsilk Zaman Sekarang





Dari gambar ini bisa kita lihat perbandinganiklan zaman dahulu dan zaman sekarang yaitu : banyaknya efek –efek fisualisasi yang dikembangkan oleh berkembangnya teknologi terlihat dari warna yang timbul, efek dan jenis tulisan  yang akan menarik perhatian konsumen.
selain itu juga iklan zaman sekarang memperhatikan unsur - unsur lainnya seperti bahasa dalam iklan dituntut mampu menggugah, menarik, mengidentifikasi, menggalang kebersamaan, dan mengkombinasikan pesan dengan komparatif kepada khalayak dengan demikian struktur kata dalam iklan sebagai berikut :

1. Menggugah: mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
2. Informatif: kata-katanya harus jelas, bersahabat, komunikatif. Tidak bertele-tele apalagi sampai mengabaikan durasi penayangan.
3. Persuasif: rangkaian kalimatnya membuat konsumen nyaman, senang, tentram, menghibur.
4. Bertenaga gerak: komposisi kata-katanya menghargai waktu selama masa penawaran/masa promosi berlangsung.
Dalam perkembangan teknologi ini banyak pengaruh positif terhadap periklanan. Dengan adanya televisi yang menayangkan iklan disertai audio dan visual juga video yang membuat iklan tersebut lebih detail dalam penyampain informasi yang lebih jelas. 
selain televisi ada juga internet yang lebih bisa mengakses video iklan yang lebih detail lagi baik itu cara penggunaan dari iklan itu seperti apa maupun informasi tentang iklan itu untuk lebih jelas lagi bisa kita lihat di internet.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar