Jumat, 10 April 2020

Komunikasi Jarak jauh? seberapa efektif ?

apa itu komonikasi jarak jauh?
apa bedanya dengan komuniasi langsung?

 sebelum penulis  menyampaikan inti mari kita simak pengertian secara garis besar tentang komunikasi langsung dan tidak langsung......


a. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung merupakan proses komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka. Seperti halnya ketika kita berbicara dengan orang lain tanpa adanya perantara atau media komunikasi sebagai penghantar pesan atau informasi. Itulah yang disebut sebagai komunikasi langsung.

b. Komunikasi Tidak Langsung
Berbeda hal dengan komunikasi langsung. Komunikasi tidak langsung merupakan proses dari suatu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung alias memerlukan bantuan alat komunikasi yang fungsinya sebagai media komunikasi. Komunikasi tidak langsung ini umumnya menggunakan media perantara sebagai penghantar pesan atau informasi agar sampai ke komunikan atau penerima pesan.
jadi, komunikasi langsung dilakukan dengan jarak pendek alias bertatap muka sedangkan komunikasi tidak langsung dilakukan jarak jauh sesuai dengan kapasitas frekuensi dari media komunikasinya. Sehingga, pengertian di atas merupakan perbedaan antara komunikasi langsung dengan komunikasi tidak langsung ditinjau dari jarak dan media komunikasinya.


seberapa efektifkah komunikasi itu?
mari kita bahas satu-satu, komunikasi jarak jauh tentunya menmerlukan media seperti pengertian diatas, ya kita tau sekarang ini banyak media yang bisa dipakai dengan efektif untuk dapat komunikasi dengan intens .. chatingan bisa, voice note oke... Video call bisa semua jenis untuk konikasi memberikabar kita dengan cepat dengan waktu yang bersamaan.. cukup? bisa jadi cukup bisa jadi tidak... yerus apa yang membedakan dengan komukasi langsung? kita sama-sama bisa mendapatkan informasi yang sama... kita bisa melihat langsung ekpresi yang sama saat komunikasi karena ada video call..
bagaimana menurut kalian dijaman saat ini kita cukupkah berkomunikasi dengan media saja? baik untuk situasi kerja, hubungan atau apapun...
tulis dikolom komentar menurut ada komunikasi mana yang efektif saat memberikan informasi yang pentging namun tidak mendesak???
jika disuruh untuk memilih melaporkan situasi lebih baik langsung atau cukup melalui media?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar